Evernote – Cloud Computing App

Sejak diperkenalkannya istilah Cloud Computing, saat ini banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang menyediakan servis Cloud Computing yang bermacam-macam. Dalam hal ini secara tidak langsung akan menguntungkan bagi sebagian besar pemakai internet. Pengguna internet akan dimanjakan dengan tawaran-tawaran servsis yang menggiurkan. Cuma disini, dari kita mungkin banyak yang berlum mengenal sebagian aplikasi-aplikasi tersebut dan keguanaannya. Nah disini kita akan mencoba membahas salah satu aplikasi tersebut. Dari sekian banyak aplikasi cloud computing adalah evernote. Evernote adalah suatu software dan servis yang di desain untuk “note” mencatat hal-hal penting [1]. Analoginya adalah seperti pada buku note. Jadi fungsinya untuk mencatat kejadian-kejadian penting atau bisa jadi sebagai remainder ketika lupa. Konsep dari aplikasi ini sebenarnya simpel seperti yang biasa dipakai sehari-hari ketika menggunakan sistem operasi microsost windows yaitu notepad.

Logo Evernote

Lantas jika cara kerjanya halnya notepad kenapa kok mesti memakai evernote? Seperti yang telah diketahui program aplikasi notepad yang ada di windows hanya dapat disimpan di komputer pribadi masing-masing. Tentunya hal ini menjadi kekurangan karena jika mau merubah note tersebut harus lewat komputer yang bersangkutan atau jika menginginkan untuk merubah dikomputer lain harus melewati jaringan/LAN hanya terbatas. Berneda dengan evernote, sesuai dengan konsep cloud computing “Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.” Aplikasi ini menyediakan layanan penyimpanan dikomputer pengguna dan akan disinkronosasisaikan penyimpanannya di sever di internet. Keuntungan konsep seperti ini akan memudahkan akses infromasi yang di simpan. Informasi akan dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Lisensi dari evernote ini adalah Freemium. Mungkin istilah ini masih asing bagi kita. Freemium merupakan sebuah lisesnsi yang menggabungkan dua aspek model bisnis “free” dan “premium” [2] . Jadi dapat dipahami disini bahwa evernote menyediakan dua service untuk produknya yaitu free bagi yang gratis dan premium untuk yang berbayar. Berbeda? Tentu saja berbeda. Untuk yang free, fasilitas yang diberikan adalah media penyimpanan yang terbatas. Untuk media penyimpanannya maksimal 60MB / Bulan. Sedangkan yang untuk versi premium 1.000 MB /bulan dengan membayar sebanyak 5$ perbulan atau $45 per tahun.

Karena dirancang untuk cloud computing dan dapat diakses oleh lintas platform. aplikasi ini tersedia untuk berbagai macam sistem operasi , baik itu mobile maupun versi desktop/laptop. Diantara sistem operasi yang dapat diinstall Aplikasi ini adalah : Microsoft Windows, Mac OS X, Chrome OS, Android, Blackberry OS, BlackBary Tablet OS, iOS, WebOS, Windows Mobile, Windows Phone. Jika tertarik untuk mendownload mencoba aplikasi ini dapat mengunjungi web : http://evernote.com/
Selamat Mencoba….

Sumber
[1] http://en.wikipedia.org/wiki/Evernote
[2] http://en.wikipedia.org/wiki/Freemium

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s